%"> Pembentukan Alpen12 Rayon Batam – Alpen12
Home > Agenda Kegiatan > Pembentukan Alpen12 Rayon Batam
Agenda KegiatanRayonRayon Batam

Pembentukan Alpen12 Rayon Batam

Balad Alpen12 Batam

Memenuhi janji kami dalam publikasi sebelumnya bahwa untuk menambah daya jelajah ALPEN 12, alhamdulilah pada tanggal 17 Agustus 2010 yang lalu, bertempat di kediaman Teh Elin Marlina (IEPT’1990), di Villa Bukit Indah, yang lokasinya seindah namanya, dekat dengan pusat pemerintahan dan pusat kota Batam, sekitar 36 orang ALPENERS, didominasi oleh lulusan tahun 1998 Jurusan IEPT/KPU (15 Orang), 1999 (2 Orang), 1997 (2 Orang), 1996 (1 Orang), 1993 (1 Orang), 2000 (8 Orang), 2001 (3 Orang), 2002 (2 Orang), 2007 (2 Orang), kami dapat berkumpul bersama.

Acara yang diberi judul “Reuni & Peresmian Ikatan Alumni STM Penerbangan Negeri/SMKN 12 Bandung” dapat terlaksana dengan sangat baik, terorganisir dan diharapkan bisa memberi aura positif bagi peserta yang hadir, makin mempererat tali persaudaraan Balad ALPENers di perantauan.

Ngumpul membentuk Alpen12 Batam

Sejak pagi hari, beberapa Balad ALPENers sudah berbagi tugas membantu mempersiapkan tempat acara, beberapa orang lagi, memjemput penulis yang datang bersama pengawal setianya. Sebelum ke tempat acara, penulis diajak berkeliling ke Kawasan Industri di Batamindo dan Muka Kuning. Tak lelah walaupun semua penjemput adalah panitia Inti (Nandang Mulyana, Yety Mulyani, Dudi Risnandi), sudah bekerja keras mempersiapkan segalanya, ditengah cuaca terik dan semua menjalankan ibadah puasa. Semangat mereka membuat penulis terpekur, pikirku “Mereka saja dengan segala keterbatasan yang dimiliki, begitu bersemangatnya, kenapa kami harus melempem?, ibarat lampu senter kehabisan batere?”.

Memang betul, penulis akui, saat-saat ini adalah masa krusial dimana sebagian daripada kami, didera rasa lelah berkepanjangan, kendala dari diri sendiri, posisi social, maupun dari beberapa ALPENers yang masih meragukan manfaat yang didapat dengan adanya ALPEN 12. Berat memang. Sebagai kalimat penghibur, kami coba doktrin diri kami, bahwa disinilah daya tahan dan mental juang individu diuji di lapangan yang sebenarnya.

Begitu banyak tantangan dan sebagai salah satu penganut faham “Lebih penting proses daripada hasil akhir”. Maka pernak pernik di ALPEN 12 tetap menjanjikan sesuatu yang memacu adrenalin. Kreativitas, skill individu, human being diselaraskan agar kapal ini tidak sampai kandas atau hancur disapu gelombang.

Backdrop Alpen12 Batam. Salute!!!

Setelah beristirahat sejenak di Hotel Harbour Bay Amir (Akomodasi yang lagi-lagi disediakan panitia), kami berangkat menuju tempat acara. Backdrop terpampang dengan gagahnya, diselingi aneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa, yang khusus disediakan Teh Elin untuk kita semua. Pukul 03.30 acara dibuka oleh Nandang Mulyana, MC terkenal di kalangan ALPENers Batam. Dilanjutkan oleh serangkaian sambutan yang disampaikan oleh Dudi Risnandi perwakilan panitia, juga dari perwakilan Pengurus Pusat, yang diwakili oleh penulis sendiri sebagai Sekjen ALPEN 12.

Acara puncak yaitu pemilihan Pengurus Koordinatoriat Batam, disepakati ditempuh dengan cara musyawarah untuk mufakat. 3 Calon kandidat yaitu Dudi Risnandi dan Yety Mulyani (IEPT’1998) dan Budi Saripudin (Mesin 2000) dihujani pertanyaan dan pernyataan dari beberapa ALPENers yang hadir. Semua berkisar tentang kesiapan moril dan material, mengemban amanat ALPENers. Interaksi yang terjadi di hadapan penulis, adalah sesuatu yang positif dan memberi harapan besar adanya proses regenerasi kepimpinan ALPEN 12 kepada angkatan yang lebih muda, dan dari sudut kemampuan serta integitas memenuhi syarat.

Patut diketahui, bahwa sebagian dari peserta yang hadir, sudah banyak bergelut di organisasi sejenis, 2 tahun lalu sebelum ALPEN 12 resmi terbentuk, mereka sudah bergabung dengan wadah ikatan alumni K-VAL 92, yang kemudian terbengkalai karena sebagian pengurus aktif di PAGURON TILU (Paguyuban Alumni STM 3 tahun dan tidak terbatas hanya untuk lulusan STMN Penerbangan/SMKN 12 Bandung). Ada juga ALPENers yang aktif di kegiatan komunitas asal daerah dan hobby (Roller Skater, Motor Jumping, Lembaga Dakwah, dll).

Per tanggal 17 Agustus kemarin, maka K-VAL 92 resmi dibubarkan dan melebur ke ALPEN 12. Untuk pengurus Koordinatoriat Batam, disepakati secara aklamasi Sdri. Yety Mulyani, lajang yang bekerja di Biro Humas PLN Batam. Susunan pengurus Koordinatoriat Batam akan ditentukan kemudian sebagai Hak Prerogatif Sdri. Yety Mulyani. Dalam pelantikan di waktu yang sama, Sekjen ALPEN 12 memberi amanat Anggaran Dasar ALPEN 12, untuk disosialisasikan kepada anggota. Program kerja serta kegiatan yang akan dilakukan oleh Rayon Batam, sepenuhnya diserahkan kepada pengurus terpilih disesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik ALPENers di rayon dimaksud.

Hari Rabu, Tgl. 18 Agustus 2010, penulis dengan diantar oleh Nandang, Cs berkeliling kota Batam, Nagoya Hills, Jembatan Barelang sebagai Ikon kota Batam yang katanya, belum ke Batam jika tidak berfoto ria di Jembatan dimaksud. Oleh-oleh pun tak ketinggalan, dipersiapkan oleh mereka langsung ke sentra oleh-oleh khas Batam di BCS. Pukul 17.00 sore, teh Elin dan keluarga bergabung bersama kami di Bandara Hang Nadim, mengantar Sekjen terlebay seantero nagari ALPEN. Terimakasih Teteh, juga adik-adikku semua, keberadaan Balad ALPENers dengan segala karakter dan keunikannya adalah harta tak ternilai dalam perjalanan hidup penulis.

Selamat kepada ALPENers Batam yang sudah memilih pengurus Koordinatoriat mereka dengan cara-cara yang demokratis dan saling menghormati. Harapan kami, rayon yang sudah terbentuk bisa menjadi tiang penopang bagi kepengurusan ALPEN 12 pusat, sama-sama bekerja bersama kami, mengawaki ALPEN 12 keluar dari stigma “organisasi Hora Hore”, memberi manfaat besar kepada semua alumni, tanpa limitasi, dan tanpa pengkotak-kotakan berdasarkan apa yang tertangkap panca indera karena sejatinya sebagai makhluk social, hanya pada saat ajal lah, seseorang tidak memerlukan orang lain. Hanya amal dan perbuatan ybs selama hidup yang akan menjadi “bekal” di akhirat nanti.

Sekjen bersama Ketua Alpen12 Rayon Batam terpilih

Jadikan ALPEN 12 sebagai sarana mempererat silaturahmi diantara sekian ribu alumni yang tersebar dimana-mana, sebagai Motivator ; pemberi semangat kepada orang lain dan diri sendiri agar kita dapat meraih apa yang dicita-citakan dengan cara-cara positif serta Fasilitator dalam setiap kegiatan yang membawa kemaslahatan bagi seluruh Balad ALPENer.

TTD

Y2N/Sekjen ALPEN 12

One thought on “Pembentukan Alpen12 Rayon Batam

  1. charlie Tjendapati

    duri-riau ikut kemana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *